Minggu, 15 September 2013

Selamat Datang di Dusun Karagduwet I, Karangrejek, Wonosari, Gunung Kidul


Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun ajaran 2013 yang berlokasi di Dusun Karangduwet I, Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan observasi dilaksanakan sebelum atau dan sesudah penerjunan mahasiswa ke lokasi KKN diantaranya dengan mengadakan pengamatan secara langsung terhadap situasi dan kondisi lingkungan masyarakatnya. Dari kegiatan observasi diperoleh gambaran mengenai deskripsi wilayah dari Dusun Karangduwet I, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
PADUKUHAN       : KARANGDUWET I
DESA                   : KARANGREJEK
KECAMATAN        : WONOSARI
KABUPATEN        : GUNUNGKIDUL
PROPINSI             : YOGYAKARTA
UMUM
Luas padukuhan Karangduwet I 71.8920 ha
1.  Letak Geografis dan Batas Wilayah

Ketinggian tanah dari permukaan laut 200 mdl, banyaknya curah hujan 20 – 25 ml/tahun dengan tofografi dataran rendah dan suhu rata-rata 30 0C
Orbitasi
Jarak dari Pusat Pemerintahan Desa                           : 0,2 km
Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan                  : 2 km
Jarak dari Ibukota Kabupaten                                      : 2,5 km
Jarak dari Ibukota Propinsi                                         : 40 km
Jarak dari Ibukota Negara                                           : 650 km
Pertanahan
Tanah bersertifikat                              : 42.6620 ha/m
Tanah sertifikat hak milik                   : 16.4620 ha/m
Tanah bersertifikat PRONA               : 26.2000 ha/m
Tanah yang belum bersertifikat           : 29.2300 ha/m
Dusun Karangduwet I merupakan sebuah dusun dengan lokasi yang cukup strategis. Dusun tersebut berada di wilayah Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
Batas timur          : Desa Baleharjo
Batas barat           : Padukuhan Karangrejek, Blimbing
Batas selatan       : Padukuhan Karangduwet II
Batas utara           : Tegalsari Desa Siraman
2.  Kondisi Sosial dan Ekonomi Dusun Karangduwet I
Padukuhan Karangduwet I terdiri dari 5 RT dan 2 RW. Jumlah Jumlah penduduk berdasarkan pendataan yang dilakukan terdapat 205 Kepala Keluarga. Penduduk Padukuhan Karangduwet I terdiri dari laki-laki 401 orang dan perempuan 433 orang dengan jumlah total 834 orang dan 205 Kepala Keluarga yang keseluruhan merupakan warga negara Indonesia. Penduduk tersebut terbagi dalam 791 orang beragama Islam, Kristen 9 orang, dan Katholik 34 orang.
Dusun Karangduwet I merupakan dusun yang berada di Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pertanian, peternakan, perikatan dan wirausaha. Potensi sumber daya alam yang ada juga sangat banyak. Sebagian penduduk ada yang berprofesi sebagai petani, peternak, , buruh pabrik , buruh tani  dan ada pula yang bekerja sebagai wirausaha. Hasil pertaniannya mayoritas meliputi ketela pohon, cabai, jagung, bawang merah dan kacang tanah.
Keadaan Sosial Budaya di Padukuhan Karangduwet I sudah cukup baik. Hal itu ditandai dengan adanya organisasi kemasyarakatan tingkat dusun yang sudah berjalan baik. Organisasi kemasyarakatan tersebut diantaranya adalah kumpulan RT, RW, KKLPMD (Kelompok Kerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa), Kelompok Wanita Tani “Sri Asih”, POSYANDU, Karangtaruna Sub Unit, Takmir Masjid dan PKK Dusun.
3.   Kondisi Kerohanian Warga Dusun Karangduwet I
Warga dusun Karangduwet I mayoritas memeluk agama Islam dan minoritas beragama Kristen dan Katholik. Dusun Karangduwet I memiliki  1 buah masjid yakni Masjid As-Salam yang termasuk ke dalam wilayah RT 16, 17,dan 18 dan 1 buah mushola yakni Mushola Baiturohim yang termasuk ke dalam RT 14 dan 15. Proses kegiatan keagamaan yang dilakukan di Masjid As-Salam ataupun di Mushola Baiturohim berupa pembinaan TPA dan sholat juma’at. Pembinaan TPA dilakukan dengan baik dan aktivitas keorganisasian takmir berjalan dengan baik dan lancar.
4.   Pendidikan di Dusun Karangduwet I
Tingkat pendidikan formal yang yang terdapat di Dusun Karangduwet I yaitu TK Aba/Paud Al-Azhar dan SDN Karangrejek 2 yang berlokasi di tepi jalan raya dan termasuk dalam wilayah atau kawasan RT 16, 17, dan 18, selain adanya pendidikan formal di Dusun Karangduwet I juga terdapat pendidikan nonformal yaitu TPA untuk anak-anak yakni TPA di Masjid As-Salam maupun di Mushola Baiturohim.
5.   Kepemudaan di Dusun Karangduwet I
Kegiatan para pemuda dan pemudi di Dusun Karangduwet I bernaung dalam wadah Karangtaruna. Dalam wadah Karangtaruna terdapat susunan kepemudaan  yang meliputi ketua pemuda, wakil, sekertaris, bendahara, humas, dan anggota. Secara stuktural dapat deskripsikan sebagai berikut :
Ketua pemuda               : Irfan Rohmadi
Wakil                             : Muhammad Marsub
Sekertaris                      : Soleh Igit
Bendahara                     : Tukino
Kegiatan kepemudaan yang dilakukan berjalan dengan baik, namun kegiatan ini sering terjadi ketidak aktifkan dari anggota, sehingga hal ini mendorong kami mahasiwa KKN UNY untuk dapat memotivasi dan memberikan dorongan kepada kepemudaan di Dusun Karangduwet I untuk bersemangat dalam mengadakan kegiatan kepemudaan di Dusun Karangduwet I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar